Sekilas Ciri Khas Unik Bahasa Arab

Grosir kitab Arab – Fikar Store Bahasa Arab mempunyai ciri yang unik serta umum. Dikatakan unik sebab bahasa Arab mempunyai karakteristik khas yang membedakannya dengan bahasa yang lain, sebaliknya Universal berarti adanya kesamaan nilai antara bahasa Arab dengan bahasa yang lain. Dan bahasa Arab memiliki ciri khas khusus yang berbeda dari bahasa lain dari segi bunyi (pronoun), kosakata, struktur kalimat hingga huruf

Untuk mempermudah peserta didik yang belajar bahasa arab, hingga aku hendak rangkumkan sebagian ciri bawah pada bahasa Arab. Makna ciri merupakan watak ataupun karakteristik khas, jadi ciri bahasa arab maknanya merupakan karakteristik khas yang jadi watak dari bahasa Arab yang jadi pembeda dengan bahasa yang lain, semacam bahasa Indonesia.

Grosir kitab Arab – Fikar Store

Dengan mengenali ciri bahasa Arab, diharapkan penuntut ilmu bahasa Arab terus menjadi gampang menguasai konsep bahasa arab, lebih gampang mempraktekkannya.

Sebagian ciri khas Bahasa Arab:

1. Dari tipe kalimatnya

Dari tipe kalimat, dalam bahasa arab terdapat 2 tipe, ialah jumlah ismiyyah( kalimat yang diawali dengan kata barang) serta jumlah filiyyah( kalimat yang diawali dengan kata kerja). Jadi sobat dapat memandang contoh kalimatnya pada 2 tulisan di atas.

Dalam tulisan kali ini, ditekankan contoh pemakaian jumlah filiyyah serta jumlah ismiyyah, ialah kapan jumlah tersebut dipakai.

Grosir kitab Arab – Fikar Store

Pemakaian jumlah filiyyah:

a. Jumlah filiyyah umumnya digunakan buat kalimat pemberitaan.

b. Jumlah filiyyah pula digunakan buat kalimat inversi.

Pemakaian jumlah ismiyyah:

a. Umumnya digunakan selaku judul tulisan.

b. Buat menekankan ataupun berartinya mubtada( subjek ataupun pelakon).

2. Dari struktur kalimatnya

Untuk mengenali struktur kalimat bahasa arab, kita dapat bandingkan dengan bahasa Indonesia. Dalam bahasa Indonesia, struktur kalimat bahasa Indonesia merupakan:

Subjek, Predikat, Objek, Penjelasan (penjelasan waktu, penjelasan tempat, penjelasan kondisi, penjelasan bilangan).

Di dalam bahasa arab, kata penjelasan meliputi:

a. penjelasan kondisi (حال)

b. penjelasan waktu (ظرفالزمان)

c. penjelasan tempat (ظرفالمكان)

d. penjelasan bilangan (العدد)

3. Dari tata bahasanya

Dari gramatika, bahasa arab tidak hanya memakai kaidah subjek, predikat, objek, serta penjelasan, dia pula memakai harakat bersumber pada perannya di dalam kalimat.

Harakat akhir kata dapat berganti bergantung posisi dalam kalimat ataupun bergantung kata yang mendahuluinya. Dalam bahasa arab peran harakat ini terdapat yang majrur, manshub, marfuu, serta majzum.

Grosir kitab Arab – Fikar Store

Dengan tambahan, penjelasan waktu (waktu kejadian atau peristiwa) pula mempengaruhi pada pemakaian kata dalam kalimat, contohnya waktu dulu sekali( fiil madhi), waktu saat ini/ yang tiba (fiil mudhari). Setelah itu, pemakaian kata ubah pula mempengaruhi pada pemakaian kata dalam kalimat. Buat contoh-contohnya dalam kalimat, amati pelajaran nahwu pada tulisan lebih dahulu.

4. Pergantian kata (tashrif)

Pergantian kata dalam bahasa arab terdiri dari tashrif lughawi serta tashrif istilahi. Tiap bahasa memiliki ciri yang jadi karakteristik khas tiap-tiap, begitu pula dengan bahasa Arab. Supaya kita bisa menguasai serta memakai bahasa Arab dengan benar, kita wajib mengenali ciri bawah bahasa Arab.

Dengan demikian bahasa Arab memiliki ciri khas yang unik Seperti yang dijelaskan diatas, dan bahasa Arab sendiri merupakan bahasa Al-qur’an. Dengan memperlajari bahasa Arab Kita mempelajari bagian dari Agama islam. Karena Al-Qur’an dan Al-Hadist tertulis Dalam Bahasa Arab.

Grosir kitab Arab – Fikar Store (alfikar.com)