Nikmati Destinasi Wisata Selain Pantai di Lombok dan Bali

Ingin jalan-jalan ke Lombok dan Bali tapi tidak ingin ke pantainya? Banyak, kok, objek wisata di dua pulau tersebut yang bukan pantai. Mulai dari danau, bukit, hingga rumah adat bisa Anda kunjungi di Lombok dan Bali.

Penasaran ada objek wisata apa saja? Yuk, simak ulasan singkat berikut:

Lombok

Bukit Merese

Untuk mencapai ke destinasi ini, Anda perlu datang ke Kawasan Mandalika. Mandalika ada dimana? Kawasan ini terletak di Kuta, Pujut, Lombok Tengah. Untuk naik ke Bukit Merese, Anda tidak perlu menggunakan peralatan hiking seperti sepatu gunung karena bukitnya tergolong kecil. Bahkan dengan sandal jepit saja Anda bisa mencapainya. Di atas bukit, pemandangannya sangat cantik dan memukau. Anda bisa menikmati matahari terbenam seolah ditelan lautan dari atas sini.

Rumah adat suku Sasak Sade

Rumah adat yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah ini adalah desa asli yang masih mempertahankan sisa kebudayaan Sasak dari zaman pemerintahan Kerajaan Pejanggik hingga kini. Terdapat banyak keunikan yang ada di dalam sini. Misalnya seperti lantai rumah yang “dibersihkan” dengan campuran tanah, getah pohon, dan abu Jerami, lalu dioles dengan kotoran kerbau. Anehnya, tidak ada baunya sama sekali. Pembagian ruangan di dalam rumahnya juga menarik. Ruangan di Bale Dalam dikhususkan untuk wanita dan dapur, sedangkan Bale Luar untuk pria dan ruang tamu.

Danau Segara Anak

Lokasi danau ini terletak di kawah Gunung Rinjani. Warna danau yang biru dikelilingi gunung menjulang pasti membuat Anda terpukau. Biasanya kegiatan utama di danau ini memancing ikan, jadi pastikan Anda membawa alat pancing saat ke Danau Segara Anak, ya. Karena letaknya yang jauh ke dalam gunung, Anda perlu berjalan kaki selama 9 jam dari jalur kendaraan bermotor. Jadi selain alat pancing, pastikan juga alat kemah tidak ketinggalan untuk bermalam di pinggir danau ini.

 

Bali

Tegalalang Ubud

Kangen dengan yang hijau menyegarkan? Tegalalang Ubud bisa jadi pilihan. Di sini Anda bisa melihat tatanan petak-petak sawah yang rapi diselingi galengan bertingkat yang indah. Dihiasi dengan beberapa pohon kelapa di sekelilingnya membuat lokasi ini mampu melegakan mata dan pikiran. Ingin berjalan di pematang sawahnya pun bisa, asalkan tetap hati-hati karena bisa terpeleset.

Bali Bird Park

Bali Bird Park bisa jadi tujuan yang pas jika Anda membawa keluarga terutama anak-anak. Taman burung ini memiliki kurang lebih 1000 satwa dari 250 jenis spesies yang ada. Anda bisa melihat beragam burung yang cantik dan unik, berfoto langsung, hingga masuk ke teater 4D yang mengesankan.

Bukit Campuhan

Masih butuh pemandangan yang hijau dan segar? Yuk, ke Bukit Campuhan. Di sini Anda akan disajikan dengan pemandangan bukit yang hijau, lembah, dan persawahan yang indah. Tak hanya bisa mengagumi pemandangan cantiknya, Bukit Campuhan juga menyediakan fasilitas untuk trekking dan jogging.